Monday, July 26, 2004

Itali Larang Pelihara Ikan Emas dalam Toples Kaca

Monza, kota di bagian utara Itali yang ternar dengan Grand Prix Formula 1, menjadi tempat pertama di Itali yang melarang memelihara ikan mas di sebuah toples kaca ikan. Dewan kota mengeluarkan peraturan sebuah aturan yang melarang memelihara binatang peliharaan yang mengakibatkan efek buruk dalam dua minggu kedepan, jelas Giampietro Mosca pada AFP.  Teks yang dikenal dengan "avant-garde" oleh kalangan penyokongnya, melarang penjualan anak ayam dengan bulu dicat, penggunaan binatang-binatang kecil dalam kompetisi berhadiah, serta memelihara ikan emas dalam sebuah toples ikan.
"Seekeor ikan yang dipelihara dalam toples ikan kecil akan menyebabkan penyimpangan dan membuat ikan menderita. Selain itu toples ikan tidak terdapat filter yang memberikan oksigen yang cukup layaknya di aquarium berbentuk kotak, tambah Mosca." "Ini hanya tentang seekor ikan mas yang mungkin banyak dipelihara di seluruh Itali, sebuah hal remeh memang, tapi didalamnya juga terkandung sense pendidikan, khususnya bagi anak-anak."  "Peraturan dibaliknya adalah memberikan sebuah pesan bagaimana merawat dan memelihara binatang peliharaan yang benar."
"Di Monza, kita memiliki tak kurang dari 15 ribu anjing dari 120 ribu warga, dan banyak dari mereka tak mengetahui cara merawat dan memelihara binatang perliharaan mereka. Kita ingin binatang peliharaan diperlakukan layak nya objek, jelas Mosca. (afp/rit)
Taken from kapanlagi.com

No comments: