Saturday, May 08, 2004

friendster

wah.... di kampus sedang demam friendster. begitu banyak orang di labkom buka friendster. admin punya, temen punya, yang tua, yang muda... bahkan beberapa dosen juga - tapi disinyalir merupakan pembajakan nama (ex. kusmayanto kadiman, adi pancoro). pernah aku cerita ke temen (via email), dia bilang orang indonesia memang senang 'minggling' dan berkelompok. dan ini ternyata merupakan salah satu ciri khas asian. tak jarang ada orang yang (kalau sedang online) akan mengecek friendsternya tiap 5 menit sekali - hayoo ngaku!

orang-orang 'barat' pada umumnya tidak seperti itu. saya bukan ahlinya, tapi kalau diliat dari segi kultur, memang mereka tidak terlalu mengelompokkan teman-temannya. tolong koreksi kalau salah.

kalau tidak salah (juga), 'pemetaan' teman ini sudah banyak yang mengaplikasikan. bukan hanya friendster. penelitiannya juga sudah banyak. bahkan ada salah satu peneliti indonesia yang sempet jadi 'terkenal' karena terlibat dalam penelitian pertemanan ini. bahkan pernah juga ada orang matematik (dari amerika kalo nggak salah), yang bilang bahwa 'pemetaan' pertemanan ini bisa juga digunakan untuk mengidentifikasi kelompok2 teroris. walaupun waktu itu dia masih bilang secara teori. but it's possible. lucu, tapi mungkin.

No comments: