Tuesday, May 25, 2004

getting away... to the zoo... or?



kapan terakhir ke kebun binatang? ya, buat yang di bandung, kapan terakhir ke kebun binatang yang sebelah itb itu? .... kalau yang sudah hafal, pasti tidak akan kesana di hari minggu, atau hari libur. kenapa? karena pasti crowded banget! bahkan jalanan disektiar kebun binatang akan macet.

kenapa ya, orang-orang ke kebun binatang di saat crowded seperti itu? bahkan sebagian dari mereka tidak benar-benar ingin melihat binatang-binatang (yang sebagian besar dikurung di kandang). sebagian mereka hanya mencari tempat untuk bersama, jauh dari rumah - bahkan ada beberapa yang dari luar kota. mereka datang, liat-liat sebentar, menggelar tikar, membuka bekal (timbel - red) dari rumah (padahal tempat mereka makan tidak jauh dari kandang, yang kemungkinan besar bisa menjadi sumber penyakit). apakah tidak ada tempat lain yang lebih 'indah'?

mungkin seperti salah satu lagu kang Iwan, dia menyitir tentang tidak adanya lagi lapangan sepak bola di kota (album : belum ada judul). pada intinya sih, tidak adanya ruang terbuka, ruang yang bisa jadi public domain. tadi pagi juga sempet liat-liat ke daerah perumahan di sekitar bandung barat (daerah sukawangi - menuju arah cimahi). para developer itu tidak mendesain daerah terbuka, lapang, tempat bermain anak, atau hanya tempat dimana pohon besar bisa tumbuh, sehingga nantinya ada ruang hijau -> tempat kita bisa 'ngabotram' :)


daerah tamansari belakang kebon binatang

No comments: